Mengenal jenis kamera serta fungsi

Mengenal jenis kamera serta fungsi

Jalurrahasia.com¬†–¬†Mengenal jenis kamera serta fungsi. Hai kali ini mimi ingin tentang fotografi untuk mengenal jenis banyaknya kamera ini. Dalam dunia fotografi kamera merupakan salah satu senjata untuk menghasilkan gambar yang baik. Jenis-jenis kamera sangat beragam dan memiliki keunggulan masing-masing.

Mengenal jenis kamera serta fungsi

Bagi kalian yang ingin dan mau belajar mendalami bidang fotografi tersebut, jika untuk ingin menjadi fotografer profesional tentunya kalian juga perlu tahu tentang berbagai ilmu dasar fotografi serta juga mempelajari beberapa peralatan yang harus digunakan dan termasuk salah satunya kamera berikut tersebut.

Jenis Jenis Kamera

Bagi fotografer profesional, berikut ini berbagai jenis-jenis kamera yang sangat perlu kalian ketahui sebagai berikut:

  • Compact digital

Kamera salah satu ini juga merupakan kamera digital yang sangat paling sederhana. dan ukurannya juga tidak terlalu besar dan pas untuk di bawa kemana-mana sangat gampang. Sebab oleh itulah, biasa kamera jenis ini disebut juga dengan kamera saku.

Compact digital yang sangat banyak untuk dipilih oleh mereka yang juga membutuhkan kamera untuk sekadar untuk pengambilan gambar saja. Fitur yang ada dimiliki kamera tersebut juga bisa dibilang agak standar, Karena kamera tersebut tidak memiliki shoot mode dialer. namun tetapi, kamera ini juga memiliki mobilitas yang sangat tinggi.

Kamera saku ini biasa cocok untuk digunakan berbagai jenis acara-acara di dalam ruangan tertentu, acara luar ruangan yang biasa bi bilang tidak terlalu membutuhkan zoom, dan dokumentasi-dokumentasi standar saja. jika ada seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak ingin repot-repot, compact digital bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

  • Bridge Camera

Jika dilihat-lihat dari bentuknya tersebut, kamera prosumer yang bisa disebut juga sebagai bridge untuk dalam camera ini tersebut itu hanya sedikit lebih besar dari pada kamera saku(Compact digital) itu. Prosumer sendiri merupakan akronim dari professional and consumer.

untuk kamera yang salah satu nya jenis-jenis point and shoot ini juga memiliki fitur yang mungkin bisa di bilang lebih lengkap dari pada jika bisa dibandingkan dengan compact digital itu.

Dalam fitur yang bisa membedakannya dengan kamera saku antara lain adalah pengaturan exposure dan ISO secara manual ini. Dia mempunya Kemampuan zoom-nya pun lebih mumpuni ketimbang kamera saku.

Namun juga ada beberapa orang yang suka menggunakan kamera jenis tersebut jika untuk memulai belajar fotografi. kenapa begitu? karena, prosumer dianggap lebih praktis dan fungsional saat digunakan jika dibandingkan dengan salah satu jenis kamera SLR ini.

jika namun bisa dibilang, untuk kamera prosumer ini juga merupakan salah satu penggabungan dari fleksibelitas kamera saku dengan kecanggihan fitur kamera DSLR.

Walau begitu, akan tetap saja, kemampuannya masih di bawah DSLR. Salah satu faktornya adalah ukuran sensor kamera salah satu ini yang memiliki lebih kecil dari kamera DSLR tersebut.

  • Mirrorless Camera

oleh karen itu, salah satu kamera mirrorless ini juga memang tidak menggunakan cermin. karena sama juga seperti dalam halnya dengan yang juga dimiliki oleh kamera DSLR terebut. Dengan tidak adanya cermin ini tersebut, mirrorless camera juga bisa memiliki bermacam ukuran yang lebih kecil dan tentunya lebih ringkas dibanding kamera DSLR.

jika ingin membahas kemampuannya sudah dapat disetarakan dengan kamera DSLR level middle-end. karena kelebihan yang dimiliki oleh kamera ini juga adalah lensanya yang bisa dilepas, sama seperti kamera DSLR. dan sehingga, bisa juga bisa menyesuaikan berbagai kebutuhan di saat pengambilan gambar tersebut.

Selain itu, sensor yang dimiliki oleh kamera mirrorless pada umumnya berkategori 4/3. itu juga sudah cukup untuk mendekati kualitas hasil foto dari DSLR tersebut.

  • Digital Rangefinder Camera

Digital rangefinder camera adalah kamera pengintai yang dilengkapi dengan alat pengintai dan pada tepatnya adalah fitur jarak jauh.

Alat ini juga sangat berfungsi jika untuk mengukur jarak subjek yang akan dibidik dengan cara menyesuaikan pada fokus lensa objektif kamera dalam hal juga berdasarkan open-loop controller itu tersebut.

  • Digital Single Lens Translucent Camera (DSLT Camera)

Kamera DSLT juga memiliki perbedaaan yang juga sangat cukup mendasar jika ingin dibandingkan dengan kamera DSLR lainnya. salah satu nya yaitu, untuk dalam hal cermin yang digunakan. Dalam kamera DSLT, yang untuk digunakan adalah cermin translucent tetap atau cermin transmisif atau cermin semi transparan.

Dalam hal kecil memiliki cahaya direfleksikan ke sensor autofokus, dan sementara di bagian sinar cahaya yang lain melewati cermin translucent. Kamera Digital Single Lens Translucent ini juga mampu merekam 7 hingga 10 bingkai gambar per detik.

  • Medium Format Camera

Keunggulan dari kamera medium format tersebut adalah ketajaman dalam untuk menangkap salah satu detail objek yang dibidik. Di era digital, kelebihan yang tidak dimiliki DSLR itu tetap dilanjutkan. Kamera medium format biasanya digunakan untuk kepentingan komersial dari sebuah produk. Karena, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang sangat detail.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak sembarang orang bisa memiliki kamera jenis ini tersebut. Mungkin sudah dapat menebak alasannya. Ya, harganya masih sangat mahal. Setara dengan kamera DSLR pro yang body only saja bisa lebih dari angka 50 juta rupiah.

Nah, itulah ada beberapa pembahasan tentang berbagai jenis dan fungsi kamera tersebut. Apakah kalian sudah menemukan kamera yang cocok? kalaw sudah jangan lupa yah. beli yang cocok sesuai kubutuhan kalian yah guys. Mungkin itu saja semoga bermanfaat, sekian dati mimi (Terima kasih).

Leave a Reply