Daftar Makanan dan Pantangan Asam Urat yang Penting Dihindari

Daftar Makanan dan Pantangan Asam Urat yang Penting Dihindari

Jalurrahasia.com¬†–¬†Daftar Makanan dan Pantangan Asam Urat yang Penting Dihindari. Pada penyakit asam urat adalah salah satu peradangan pada sendi yang akan disebabkan oleh tingginya pada kadar asam urat (uric acid) dalam tubuh kalian. Penyebab asam urat yang tinggi tersebut juga bisa beragam, Dengan salah satunya adalah makanan yang Anda konsumsi.

Daftar Makanan dan Pantangan Asam Urat yang Penting Dihindari

Maka dari itu, kalian juga harus perlu untuk menghindari dalam berbagai makanan yang sudah menjadi pantangan penyakit ini untuk mencegah asam urat yang kambuh pada masa-masa yang akan mendatang.

Lantas, makanan apa sajakah yang harus kalian dihindari oleh penderita asam urat? Adakah pantangan atau larangan lainnya yang juga harus perlu kita dihindari?

Dan di bawah ini ada beberapa daftar makanan yang akan menjadi pantangan asam urat.

Asam urat merupakan zat hasil pecahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh Anda. Namun, purin juga dapat ditemukan di berbagai makanan dan minuman.

Dalam keadaan normal, asam urat diproses oleh ginjal dan dikeluarkan tubuh dalam bentuk urine. Bila kadar asam urat berlebih atau ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan baik, akan terjadi penumpukan asam urat yang kemudian membentuk kristal di sendi. Kristal urat inilah yang menyebabkan terjadinya gejala asam urat pada diri Anda.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Semakin banyak asupan purin tambahan Anda, semakin banyak pula asam urat terbentuk dan ginjal akan kewalahan untuk membuangnya lewat urine.

Maka dari itu, Dari sebuah penderita asam urat harus yang akan menghindari makanan mengandung purin untuk mengurangi risiko yang akan kambuh pada masa yang akan mendatang. Adapun sebuah makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200 mg per 100 gram berat makanan.

Anda pun perlu menghindari makanan dengan kandungan purin yang sedang, dengan kisaran angka 100-200 mg purin per 100 gram berat makanan. Adapun daftar makanan yang tergolong memiliki kadar purin sedang hingga tinggi serta menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat adalah:

Membatasi makanan yang kaya akan purin

Purin adalah zat yang umum ditemukan di beberapa jenis makanan. Asam urat akan dihasilkan ketika tubuh memecah purin. Agar tidak merasakan nyeri akibat asam urat, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berikut ini. Mengurangi ya, bukan menghindari sama sekali!

  • Organ dalam hewan, seperti hati, ampela atau usus
  • Daging merah
  • Ikan dan kerang
  • Udang, kepiting dan lobster
  • Jamur, kembang kol dan kacang polong

Makan lebih banyak makanan yang rendah purin

Untuk melawan asam urat, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah purin. Dengan mengubah pola makan dari yang tinggi purin ke rendah purin, kadar asam urat akan turun seiring berjalannya waktu. Berikut ini adalah makanan yang rendah purin berdasarkan laman Medical News Today:

  • Produk susu dan turunannya yang rendah lemak
  • Sebagian besar buah dan sayur
  • Kopi
  • Roti, kentang dan nasi

Hindari obat-obatan yang bisa meningkatkan kadar asam urat

Beberapa jenis obat-obatan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Di antaranya adalah obat jenis diuretik seperti furosemide dan hydrochlorothiazide, ungkap laman Medical News Today. Selain itu, aspirin dengan dosis rendah juga bisa memicu asam urat.

Berhati-hatilah untuk obat yang mungkin bisa menekan sistem dalam kekebalan tubuh, khususnya bagi berbagai orang yang akan atau yang telah menjalani sesuai transplantasi organ tersebut.

Dari beberapa obat-obatan itu kalian juga bisa memicu kadar pada asam urat, jadi yang paling penting sekali untuk berkonsultasi dengan beberapa dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak kalian inginkan.

Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kalian juga pernah memiliki berat badan ideal yang bisa kalian jaga tubuh dari beberapa risiko yang terkena asam urat tersebut. Obesitas bisa memicu risiko asam urat, terlebih bagi anak muda.

Tidak hanya itu saja, kelebihan salah satu berat badan kalian juga bisa meningkatkan tekanan darah tersebut, kolesterol dan berujung pada penyakit jantung. Menurunkan berat badan bisa memberikan efek positif bagi tubuh.

Memang tidak mudah untuk menurunkan berat badan. Terlebih, bagi orang-orang yang secara genetik memiliki riwayat keluarga dengan kegemukan.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan niat yang kuat. Berolahraga rutin, mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup dan minum 2-3 liter air per hari perlahan-lahan akan menurunkan berat badan. Just try it!

Nah, Itulah beberapa makanan yang harus kalian perhatikan.kalaw kalian mengalami makanan pantangan asam urat yang harus kalian hindari. semoga bermanfaat, sekian dari mimi (Terima kasih)

Related posts

Leave a Reply