Beberapa Cara Untuk Menjaga Kamar Kost Kalian Agar Tidak Lembab dan Bau

Beberapa Cara Untuk Menjaga Kamar Kost Kalian Agar Tidak Lembab dan Bau

Jalurrahasia.com¬†–¬†Beberapa Cara Untuk Menjaga Kamar Kost Kalian Agar Tidak Lembab dan Bau. Hai guys taukah kalian kalaw Kamar yang lembap bukan saja yang tidak nyaman, tapi juga tidak telaru sehat. Nah, Maka dari itu kita harus menjaga agar kamar kita tetap wangi dan tetap bersih seperti contoh yang ada di bawah ini.

Ketika kamar kamu tidak memiliki jendela dan berlokasi dekat dengan kamar mandi, pastinya kamar lambat laun akan menjadi terasa lembap dan dinding mulai berjamur.

Kalau kondisi kamar dibiarkan tetap lembap, nih, dinding kamu akan mengelupas dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Selain itu, kamar yang lembap tidak sehat untuk ditinggali penghuni kamar karena bisa menyebabkan banyak penyakit.

Kamar yang lembap biasanya sering disebabkan oleh kurangnya ventilasi udara seperti jendela dan adanya kondensasi air, yaitu uap air yang terbentuk karena suhu hangat dan dingin di dalam kamar.

Dan ayo simak beberapa cara agar kamar kalian tetap bersih dan tidak menimbulkan bau. sebagai berikut contoh yang ada di bawah ini.

Pastikan memiliki ventilasi udara yang baik

Ruangan dengan ventilasi udara yang buruk cenderung membuat kamar menjadi lebih lembap, loh. Ini terjadi karena kurangnya aliran keluar-masuk udara membuat uap-uap air terjebak di dalam kamar dan menempel di kasur atau permukaan dinding yang dingin.

Untuk itu, pastikan kamar kost memiliki ventilasi yang baik seperti jendela, ya. Jika memang tidak ada jendela, kamu bisa menggantinya dengan membuka pintu kamar sesekali supaya ada udara segar yang masuk.

Hindari memasak di dalam kamar

Memasak di kamar menjadi hal yang wajar dilakukan oleh anak kost. Alasannya bisa jadi karena lebih praktis dilakukan, nih. Namun, memasak di kamar ternyata tidak selamanya nyaman, loh.

Uap panas yang dihasilkan saat memasak akan terperangkap di dinding dan langit-langit kamar. Hal ini memicu kelembapan di kamar meningkat dan lama kelamaan akan menimbulkan bercak hitam serta jamur.

Gunakan pendingin ruangan atau AC

Seperti yang telah disinggung di atas, salah satu alasan mengapa kamar menjadi lembap adalah pertemuan suhu hangat dan dingin di waktu bersamaan. Untuk itu, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan AC.

Selain untuk menyedot udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar, AC juga berfungsi untuk menjaga agar suhu ruangan tetap lebih stabil. Dengan begitu, kamar kalian akan tetap segar dan lebih sejuk.

Gunakan air dehumidifier

Bagi mahasiswa atau pekerja yang jarang berada di kost, mengatur ventilasi udara di kamar bisa jadi hal yang sulit dilakukan. Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan memakai air dehumidifier, loh.

Seperti namanya, alat serap air ini berguna untuk menyerap uap-uap air sehingga udara di sekitar akan terasa lebih kering. Benda ini bisa diletakkan di sudut-sudut kamar atau samping tempat tidur.

Nah, Demikianlah beberapa hal yang harus kalian lakukan sendiri dirumah. semoga bermanfaat. sekian dari mimi (Terima kasih)

Related posts

Leave a Reply