10 Kebiasaan Sehari-hari untuk Meredakan Nyeri Punggung

10 Kebiasaan Sehari-hari untuk Meredakan Nyeri Punggung

Jalurrahasia – 10 Kebiasaan Sehari-hari untuk Meredakan Nyeri Punggung. Nyeri punggung sering membuat orang merasa sengsara. Namun demikian, tidak perlu khawatir. Ada kebiasaan yang dapat membantu meredakan nyeri punggung.

Ada dua jenis nyeri punggung: akut dan kronis. Nyeri punggung akut berlangsung selama kurang dari empat minggu. Sedangkan nyeri punggung kronis berlangsung selama lebih dari 12 bulan.

Read More

Untuk mengatasinya, perubahan gaya hidup sederhana perlu dilakukan setiap hari. Menghilangkan ketegangan, melindungi tulang belakang dan memperkuat otot adalah beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit yang terus-menerus.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat membantu meredakan nyeri punggung.

  1. Tidur dengan bantal di bawah lutut

Tidur telentang membuat tulang belakang Anda tegang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menaruh bantal di bawah lutut. Dikutip dari healthline, dengan mengangkat kaki sedikit, itu akan mengurangi ketegangan pada punggung saat tidur.

  1. Aktivitas fisik yang teratur untuk memperkuat otot-otot

Olahraga teratur adalah kebiasaan lain yang dapat membantu meringankan sakit punggung. Namun demikian, pilihlah latihan yang berfokus pada penguatan otot inti.

Latihan penguatan otot dapat mengurangi risiko nyeri punggung, seperti ketegangan otot dan kram.

Cobalah melakukan latihan yang ditujukan untuk punggung dan perut Anda setidaknya dua kali seminggu.

  1. Jangan lupa minum susu

Sudah diketahui bahwa asupan kalsium dan vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang. Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik.

  1. Hindari sepatu hak tinggi

Mengenakan sepatu bertumit rendah dapat membantu mencegah nyeri punggung. Sepatu bertumit datar dapat mengurangi ketegangan pada punggung bawah ketika berdiri.

Sebaliknya, sepatu hak tinggi hanya membuat nyeri punggung semakin parah.

  1. Tegakkan badan

Postur tubuh yang baik melindungi bagian tulang belakang yang rapuh dan membantu mempertahankan fungsinya yang sehat dan normal.

Untuk alasan ini, selalu ingat untuk menjaga postur tubuh Anda tetap tegak.

  1. Sering bergerak

Sering bergerak dapat membantu mengurangi nyeri punggung. Jika Anda berdiri untuk waktu yang lama, Anda mungkin merasakan tekanan di punggung Anda.

  1. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah salah satu kebiasaan yang dapat meringankan nyeri punggung.

Faktanya, perokok lebih rentan terhadap nyeri punggung daripada non-perokok. Salah satu alasannya adalah nikotin membatasi aliran darah ke cakram di tulang belakang.

Merokok juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah, yang menyebabkan berkurangnya nutrisi pada otot dan tendon punggung. Punggung yang tidak sehat dan lemah lebih rentan terhadap ketegangan otot yang tidak disengaja dan terkilir, yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

  1. Jangan sering membawa benda berat

Mengangkat benda-benda berat dapat menyebabkan nyeri punggung.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang yang mengangkat benda berat di tempat kerja. Membawa tas laptop besar, koper, kamera dan banyak belanja juga bisa menyebabkan nyeri punggung.

Jika memungkinkan, kurangi beban di pundak Anda dengan membawa lebih sedikit barang. Bagilah beban di antara Anda atau pindahkan dari satu bahu ke bahu lainnya. Ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat meringankan nyeri punggung.

  1. Sering-seringlah melakukan peregangan

Berdiri, duduk atau berbaring di satu tempat untuk jangka waktu yang lama tidak baik untuk punggung bawah. Bangun dan berjalan-jalan atau lakukan beberapa peregangan sederhana untuk melepaskan ketegangan dalam tubuh.

Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di punggung dan meredakan ketegangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh kurang olahraga.

  1. Minum air secara teratur

Minum air putih secara teratur adalah kebiasaan lain yang dapat membantu meringankan sakit punggung.

Apabila tubuh tidak memiliki cukup air, air yang dikonsumsi pertama-tama mengalir ke otak dan kemudian ke persendian. Tanpa air yang cukup, cakram di antara tulang belakang mengering, menyebabkan nyeri punggung.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat membantu meredakan nyeri punggung. Lakukan setiap hari untuk menjaga punggung Anda tetap nyaman.

Related posts

Leave a Reply