Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Juga Cepat

Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Juga Cepat

Jalurrahasia.com¬†–¬†Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Juga Cepat. Hai kali ini mimi ingin membahas tentang bagaimana cara untuk mengetik kyboard dengan cepat dan mudah yang haru kalian ketahui. biasa kan lah mengtik untuk mengunakaan 10 jari agar lebih cepat sebagai contoh berikut yang ada di bawah ini;

Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Juga Cepat

Untuk mengetik di bebrbagai perangkat PC atau laptop yang saat ini juga sudah menjadi salah satu kebiasaan dalam sehari-hari. Namun masih juga dengan sedikit orang yang juga mampu menulis di keyboard dengan sangat cepat dan benar menggunakan 10 jari. Cara untuk mengetik 10 jari itu memanglah sangat susah untuk diterapkan apabila ketika sudah terbiasa untuk mengetik dengan menggunakan 2 jari saja.

Read More

Padahal, dengan mengetik dengan 10 jari itu juga akan membuat kita lebih produktif dalam bekerja. Maka dari itu, mengetik dengan cepat akan juga melatih otak kita untuk terus berkonsentrasi. Nah maka dari itu kali ini mimi akan mengulas beberapa tips dan trik mudah bagi Anda yang ingin belajar mengetik dengan 10 jari.

Hilangkan Kebiasan Buruk

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam mengetik merupakan slaah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Hal tersebut juga sangat diperparah apabila kalian itu sudah mengetik dengan cara yang salah dari mulai Anda pertama kali mengetik di atas keyboard sehingga kebiasaan tersebut akan terbawa hingga saat ini.

Sudah sangat banyak orang yang hanya untuk mengetik dengan dua jari saja. Hal tersebut sangat lah tidak efektif karena mata yang kita biasanya harus terus melihat keyboard agar kita tidak salah untuk menekan tombol.

Mulai Gunakan 10 Jari

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk di atas, Anda harus mulai mengetik dengan menggunakan 10 jari. Jika Anda melihat atau meraba keyboard dengan seksama, maka Anda akan melihat tonjolan kecil di atas huruf F dan juga J. Kedua tonjolan tersebut berfungsi untuk membantu Anda menempatkan jari secara tepat di atas keyboard tanpa perlu melihatnya.

Secara umum, jari yang ada di atas huruf F dan J adalah telunjuk. Kemudian jari sisanya akan menyesuaikan secara langsung pada haruf-huruf di sampingnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini yang menunjukan tempat dari masing-masing jari tangan berdasarkan warnanya.

Dari gambar di atas Anda dapat melihat jika jari tengah dan jari manis hanya digunakan untuk beberapa tombol saja. Sementara itu jari telunjuk digunakan untuk mengetik area tengah dari keyboard. Sedangkan untuk tombol navigasi, tanda baca, dan fungsi, semuanya dikontrol oleh jari kelingking.

Jika gambar di atas masih cukup membingungkan, Anda dapat melihat beberapa tutorial mudah di situs TypingClub atau Typing Web. Kedua situs tersebut menawarkan kursus online untuk mengetik dengan 10 jari. Program-program yang diberikannya juga mudah untuk diikuti sehingga Anda dapat menguasainya secara perlahan.

Jangan Melihat Keyboard

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk tidak melihat keyboard ketika mengetik. Pasalnya dengan melihat keyboard akan membuat proses mengetik menjadi lambat. Kebiasaan ini tentunya tidak akan dapat diubah secara keseluruhan dalam hitungan jam karena Anda harus terus melatihnya hingga berminggu-minggu sampai lancar.

Cara paling mudah untuk melatihnya adalah dengan mengetik beberapa kata yang paling sering ditulis tanpa melihat keyboard. Ingatlah posisi huruf-huruf dari berbagai kata tersebut dengan baik. Jika sudah lancar, mulailah untuk berlatih dengan kata-kata lain yang lebih jarang digunakan. Semakin sering berlatih, maka semakin cepat pula Anda akan menguasainya.

Gunakan Tombol Shortcut

Sistem operasi Windows dan Mac memiliki banyak kombinasi tombol shortcut di keyboard yang memudahkan kita untuk melakukan fungsi tertentu tanpa bantuan mouse. Mulailah untuk menggunakan tombol shortcut tersebut agar Anda tidak perlu lagi menggunakan mouse. Berikut adalah beberapa shortcut yang umum digunakan:

  • Ctrl + C = Copy
  • Ctrl + X = Cut
  • Ctrl + V = Paste
  • Ctrl + Z = Undo
  • Ctrl + S = Save
  • Ctrl + F = Pencarian kata
  • Ctrl + A = Highlight semuanya
  • Shift + Panah Kanan atau Kiri = Hightlight huruf di sebelahnya
  • Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight kata di sebelahnya
  • Ctrl + Panah Kanan atau Kiri = Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight
  • Home = Menuju ke awal baris
  • End = Menuju ke akhir baris
  • Page Up = Scroll up
  • Page Down = Scroll down
  • Alt + Tab = Berpindah ke jendela selanjutnya
  • Alt + Shift + Tab = Berpindah ke jendela sebelumnya
  • Alt + F4 = Menutup jendela yang sedang dibuka

Selain untuk keperluan di atas, Anda juga dapat menggunakan beberapa macam shortcut lainnya ketika sedang melakukan browsing di internet. Berikut adalah beberap shortcut yang dapat Anda implementasikan pada web browser:

  • Ctrl + Tab = Berpindah ke tab selanjutnya
  • Ctrl + Shift + Tab = Berpindah ke tab sebelumnya
  • Ctrl + T = Memuka tab baru
  • Ctrl + W = Menutup tab yang sedang dibuka
  • Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru saja ditutup
  • Ctrl + R = Merefresh halaman
  • Ctrl + N = Membuka jendela browser yang baru
  • Backspace = Kembali ke halaman sebelumnya
  • Shift + Backspace = Maju ke halaman setelahnya

Menggunakan berbagai macam shortcut di atas juga secara tidak langsung akan melatih jari kelingking Anda. Pasalnya berbagai macam tombol modifier seperti Ctrl, Alt, dan Shift berada di daerah yang dekat dengan posisi jari kelingking.

Atur Cara Duduk Saat Sedang Mengetik

Mengatur cara duduk yang benar pada saat sedang mengetik juga dapat membantu Anda dalam melatih mengetik dengan 10 jari lebih efektif dan tidak membuat Anda sakit. Dengan cara duduk yang benar tentu saja membuat Anda akan lebih mudah mengetik dengan menggunakan 10 jari.

Anda harus duduk dengan bentuk punggung yang lurus dan tidak terlalu membungkuk. Hal tersebut agar membuat Anda tidak pegal pada saat sedang mengetik. Pastikan pada saat sedang duduk, pandangan Anda lurus ke depan ke arah layar bukan ke arah keyboard. Agar mata Anda tidak sakit, maka Anda harus menjaga jarak antara layar dengan mata sekitar 45 – 70 cm.

Berlatih Memakai Keyboard Mechanical

Tips lainnya untuk berlatih mengetik 10 jari adalah menggunakan keyboard mechanical. Sebenarnya tidak harus keyboard mechanical, keyboard apapun yang penting enak saat mengetik. Hanya saja keyboard mechanical memberi pengalaman mengetik yang nyaman. Terlebih keyboard mechanical memberi efek tangan tidak lelah ketika mengetik.

Keyboard mechanical beragam harganya. Rata-rata harganya di atas Rp300 ribuan. Anda bisa mencari keyboard mechanical murah yang bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Nah, itulah beberapa hala yang harus kalian ketahui agar saat sedang meengetik bisa lebih cepat, semoga dengan artikel yang di atas bermanfaat untuk kalian semua sekian dari mimi (Terima kasih)

Related posts

Leave a Reply