Beberapa Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Beberapa Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Jalurrahasia.com¬†–¬†Beberapa Cara Bermain Saham Untuk Pemula. Hai, bertemu lagi bersama mimi. kali ini mimi ingin membahas tentang bagaimana cara untuk bermain saham dengan aman dan benar, sebagai berikut di bawah ini;

bursa saham kini sedang banyak yang diliriki berbagai kalangan. untuk mengigat saham mampu manawarkan keuntungan yang lebih tinggi ketimbang jenis investasi lainnya seperti obligasi,deposito atau raksadana. Kenapa begitu? karena , bermain saham juga mempunyai resiko yang sangat besar.

Untuk itu, dalam bermaian saham yang dibutuhkan kecermatan dan analisis yang tepat untuk menghindari kerugian tersebut. sebelum kalian ingin bermain saham, penting untuk pemula mengetahui ilmu dasar tentang saham, invenstasi, dan sekuritas.

Investasi saham sendiri terbagi atas dua jenis. Yaitu saham jangka panjang atau investasi dan saham jangka pendek atau sering disebut trading.
Trading memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi ketimbang investasi. Oleh karena itu, para pemula disarankan untuk memilih jenis saham jangka panjang sebagai langkah awal dalam bermain saham.

Investasi dengan jumlah kecil

Untuk pemula lebih baik memulai investasi dengan jumlah dana yang relatif kecil. Pilih sekuritas yang menawarkan nilai minimal investasi yang ringan. Selain itu, gunakan dana dingin untuk berinvestasi. Dana dingin adalah dana yang memang disisihkan untuk keperluan khusus diluar keperluan pokok.

  • Buka rekening efek

Rekening pada efek adalah beberapa rekening transaksi jual-beli pada saham yang yang akan difasilitasi oleh para perusahaan sekuritas. Setelah kalian sudah membuka rekening, anda diharuskan untuk menyetor sejumlah uang untuk sebagai deposit awal untuk transaksi pada saham. Masing-masing pada perusahaan sekuritas memiliki standar minimum deposit yang harus disetorkan. Dengan memiliki rekening efek investor bisa memulai transaksi jual-beli saham, termasuk yang dilakukan secara online.

  • Pilih timing yang tepat

Setelah anda menemukan perusahaan apa yang ingin anda beli sahamnya, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah timing. Timing yang tepat untuk membeli saham adalah pertama, membeli saham saat harganya turun pada level aman tertentu. Kedua, beli saham ketika harganya naik pada level tertingginya pada titik tertentu. Ketiga, beli saham ketika terjadi breakout atau ketika saham berada pada posisi batas bawahnya.

  • Beli saham dalam keranjang yang berbeda

Hal lain yang akan harus kalian perhatikan oleh para pemula adalah kalian tidak pernah membeli saham kepada satu jenis industri saja. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk meminimalisir pada kerugian yang mungkin bisa terjadi yang dikarenakan adanya inflasi atau kegiatan ekonomi yang yang mungkin akan mempengaruhi harga saham suatu industri tertentu.

  • Beli saham yang tepat

Dalam memilih beberapa saham untuk ketika dibeli, anda juga bisa mulai dengan membeli saham pada index LQ45 atau IDX30 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham-saham dalam indeks tersebut fundamental pada perusahaan yang dinilai baik dan likuiditasnya tinggi. Pilih saham perusahaan consumer good atau perbankan, karena sektor industri keduanya akan dinilai stabil.

Nah, itulah beberapa cara untuk kalian yang sedang ingin memulai bermain saham. semoga bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari mimi (Terima kasih)

Related posts

Leave a Reply